Langsung ke konten utama

Musik Indonesia mau ke mana ?

Musik Indonesia mau ke mana?

Menurut pengamat musik Denny Sakrie, Indonesia saat ini memang menjadi pangsa pasar bagus bukan hanya untuk artis-artis Korea, tapi juga artis luar negeri lainnya.

Secara bisnis, saat ini ia pun mengakui gelombang K-Pop di Tanah Air sedang menjadi tren. Bahkan, ia menyatakan sah-sah saja, jika para promotor musik berbondong-bondong mendatangkan artis-artis Korea ke Indonesia. Hal ini memang mendatangkan keuntungan bisnis.

"Dari segi bisnis memang menggiurkan tapi kalau dari segi kultural, Indonesia mau ke mana, kenapa harus tendensi Korea. Korea kan hanya mengedepankan gaya Korea saja, orang Indonesia seperti nggak punya jati diri," katanya.

Diakui pula olehnya, Korea memang selalu sukses menggelar konsernya di Indonesia, tapi ia menyatakan ini hanya bagian dari tren. "Yang namanya tren bisa datang dan pergi. Kalau dari segi kultural buat Indonesia nggak ada untungnya. Tapi kalau dari segi bisnis, memang mendatangkan keuntungan besar saat ini," katanya.

Sama halnya dengan Denny Sakrie, pihak dari Artist Agency Indonesia, Ario Dewantoro menyatakan bahwa minat masyarakat terhadap K-Pop atau artis-artis pop Korea hanya musiman saja.

Saat ini memang, animo cukup bagus, ada komunitas fans boyband dan girlband, di Indonesia. Ia bahkan menyatakan, jumlah fans Korea di Indonesia bisa sampai 4 juta.

"Tapi boyband dan girlband nggak bisa long lasting seperti kayak band western seperti Bon Jovi, yang segala zaman bisa menikmati. Kalau girlband atau boyband artisnya tua, yasudah nggak bisa ngetop lagi. Setahun atau 2 tahun lagi nggak meledak," ujar Ario.

Ia pun menyatakan sesungguhnya, Artis Agency hanya sebagai perpanjangan tangan saja di Indonesia. Saat dimintai tolong untuk carikan promotor yang ingin mengundang artis Korea atau Amerika dan lainnya main di Indonesia, mereka akan membantu mencarikan promotornya.

Baginya, bekerjasama dengan pihak Korea pun harus hati-hati meski memang keuntungaannya saat ini sangat menjanjikan. "Tapi kita harus pintar, kita harus bener-bener jeli. Melihat situasi keadaan, ketika melakukan deal dengan pihak mereka," katanya.

MoU harus dibaca berkali-kali, lanjutnya. Berbeda dengan pihak Eropa atau Barat yang memiliki tingkat profesionalisme yang sudah teruji.

"Kalau Korea misalnya agreement A, tapi yang dipakai B, seperti kita mau untung tapi buntung. Seolah-olah mereka merasa karena demam Korea dimana-mana, mereka jadi tinggi hati. Saking tinggi hatinya dalam menuliskan agreement mereka wanprestasi sendiri, tapi mengkambing hitamkan kita," ujarnya.

Ia pun berharap, ke depannya, pihak promotor maupun manajemen pihak Korea bisa sama-sama berkerjasama secara profesional. "Kalau ingin ingin tetap eksis, jangan karena aji mumpung, ya mereka bisa profesional. Contoh dari artist management di Amerika, Eropa, Australia, yang benar-benar profesional," ucapnya.

BY :http://life.viva.co.id/news/read/362868-invasi-k-pop-ke-indonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Musim di Jepang

Sumber : http://aishiteru-nacchi.blogspot.com/2009/03/musim-musim-di-jepang.html Jepang adalah salah satu negara yang mempunyai empat musim. Jangka waktu antara 4 musim tersebut, kurang lebih 3 bulan. 4 musim itu adalah, Musim Semi (Spring, 春, haru) Musim Panas (Summer, 夏, natsu) Musim Gugur (Autumn, 秋, aki) Musim Dingin (Winter, 冬, fuyu). Musim Semi dimulai sekitar bulan Maret, dan orang Jepang menyambutnya dengan gembira, karena hari-hari dingin dan tidak bersahabat telah berakhir. Musim Semi ditandai dengan munculnya kuncup-kuncup bunga pohon plum (梅, ume). Dan setelah bunga pohon plum berakhir, muncul kuncup-kuncup bunga paling terkenal di Jepang, bunga Sakura (桜). Musim Panas diawali dengan musim hujan sekitar seminggu, yang disebut Tsuyu (梅雨). Musim Panas di Jepang bisa mencapai suhu maximum 35oC, dengan kelembapan lebih dari 90%. So, gag perlu olahraga angkat besi, dengan duduk diam saja, sudah sukses membuat kita mengeluarkan keringat. Musim Panas di...

Contoh PROPOSAL PENSI

PENSI DAN BAZAAR I.                         LATAR BELAKANG Pentas seni adalah suatu ekspresi jiwa yang diungkapkan dengan cara di perlihatkan didepan khalayak baik secara langsung atau tidak langsung. Maksud dan tujuan kami mengadakan pentas seni ini untuk memberikan sebuah hiburan atau refresing kepada seluruh siswa setelah mengalami kepenatan setelah menjalani Ujian Akhir Semester dan juga pentas seni ini bisa menjadi sebuah ajang untuk mengembangkan bakat dalam bidang seni bagi para siswa itu sendiri. Kegiatan yang kami usung kali ini mempunyai tema yaitu “ MOTIVASI , HARAPAN , DAN KREATIFITAS ” .            Pentas seni yang akan kami adakan ini mempunyai bermacam-macam kegiatan seperti;  lomba baca puisi, lomba tari kreasi, lomba modern dance, lomba karaoke(dalam bahasa inggris, maksim...

SNOW WHITE AND THE HUNTSMAN', Perjuangan Merebut Tahta

Pemain/cast :  Kristen Stewart ,  Charlize Theron ,  Chris Hemsworth ,  Sam Claflin Sinopsis: Tak ada yang berani melawan titah Ravenna ( Charlize Theron ), sang ratu yang kejam. Kematian menanti mereka yang berani menghalangi kehendak Ravenna yang memiliki kekuatan jahat. Sayangnya takdir berkata lain. Ada seorang gadis yang nantinya bakal menumbangkan kekuasaan Ravenna. Kaca ajaib yang selama ini selalu menjadi penasehat Ravenna mengatakan bahwa ada seorang gadis yang bakal menjadi ancaman buat sang ratu. Gadis yang dimaksud adalah Snow White ( Kristen Stewart ), putri tiri Ravenna. Kalau Ravenna bisa membunuh Snow White dan memakan jantung Snow White, Ravenna bakal hidup abadi. Jelas saja kabar ini membuat Ravenna murka. Yang lebih membuat Ravenna resah adalah saat Snow White berhasil melarikan diri. Eric ( Chris Hemsworth ) pun lantas ditugaskan untuk memburu Snow White dan membawanya pulang. Celakanya, Eric malah iba pada Snow White dan melatih put...